selamat datang di blog ini, tinggalkan pesan ya...! dan JANGAN KLIK iklannya... he..he...he......

Iklan

Minggu, 22 Mei 2011

contoh energi alternatif

Seiring berkembangnya teknologi, akan sangat berdampak pada pemakaian energi. Akan tetapi, karena pemakaian energi sebagian besar berasal dari fosil, maka kedepan kebutuhan akan energi akan terancam. Sebagai sumber energi yang tidak dapat diperbaharui, pemakaian bahan bakar (sumber energi) harus mulai dikendalikan.
                Pengendalian pemakaian energi bukan dengan mengurangi aktifitas yang memakai energy, tetapi dengan mengurangi energy yang terbuang sia-sia dengan menggunakannya secara efisien.
                Dengan semakin kurangnya energy dari fosil, muncullah alternative-alternatif untuk mencari pengganti energy fosil. Yang dinamakan energy alternative atau energy terbarukan.
Berikut ini ada beberapa macam energy alternative.
Energi Surya Di Rumah : Pernahkah anda membayangkan tidak perlu membayar tagihan listrik? Tapi dengan penggunaan energi surya di rumah ini semua bayangan anda akan menjadi kenyataan.
Cara kerja energi surya ini  menggunakan sel surya untuk mengubah cahaya matahari menjadi listrik, sementara panel surya pemanas air menggunakan kolektor surya untuk memanaskan air. Energi ini memang termasuk energi yang bersih dan terbarukan namun untuk investasi awal pembangunan instalasinya cukup besar yaitu  biasanya US$ 25.000 hingga US$ 30.000 untuk sistem listrik tenaga surya dan $ 10.000 untuk sebuah sistem pemanas air matahari.

Energi Nuklir : Tenaga nuklir adalah jenis energi baru dan terbarukan yang bisa menghasilkan energi listrik yang aman. Saat ini, di Amerika Serikat telah beroperasi sekitar 100 unit pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN), yang memasok sekitar seperlima dari pasokan energi di negeri Paman Sam itu. Tenaga nuklir dapat menghasilkan sejumlah besar energi tanpa ada polusi selama pengoperasiannya, tetapi kekurangannya limbah radio aktif yang dihasilkan tetap berbahaya.

Energi Surya Pertanian : Ada dua jalan energi surya pertanian bekerja, dimana instalasi solar thermal memfokuskan sinar matahari dengan memantulkan pada cermin, air panas, dan uap yang menggerakan turbin untuk menghasilkan listrik, sedangkan sel surya lansung mengubah sinar matahari menjadi listrik. Jenis energi ini bersih, terbarukan dan memiliki potensi yang besar. Tetapi matahari tidak selalu keluar, terutama jika mendung dan malam hari dengan demikian instalasi ini tidak dapat bekerja. Untuk membangun instalasi energi surya pertanian ini memerlukan biaya ratusan juta dollar.

Pembangkit Listrik Tenaga Angin (PLTA) Pertanian :
Amerika Serikat (AS) sekarang menjadi pengembang pembangkit listrik angin terbesar di dunia, dengan produksi  energi listrik sekitar 18.000 megawatt (MW), cukup untuk memasok rata-rata 5,4 juta rumah di negeri paman sam tersebut. Pada 2030, Departemen Energi AS memprediksi seperlima dari kekuatan nasional berasal dari energi angin. Negara-negara selain Amerika, kekuatan ekonominya ditopan dari energi angin hal itu terlihat pada pendapatan perkapitanya.

Denmark, misalnya, sudah mendapat 20 persen dari energi dari angin. Angin merupakan sumber energi bersih dan tidak akanhabis. Namun perhatian utama tentang PLTA dilahan pertanian adalah dapat rusak karena diterjang oleh burung dan  kelelawar yang berterbangan terbang ke dalamnya.

Energi Panas Bumi :
Saat ini, sekitar 8000 MW tenaga listrik di seluruh dunia dihasilkan dari panas bumi,  termasuk sekitar 2.800 megawatt di Amerika Serikat, atau kurang dari satu setengah dari satu persen dari produksi listrik negara.  Energi panas bumi bersih, berlimpah, dan tersedia sepanjangn waktu, tetapi kelemahannya untuk mengoptimalkan pemanfaatan panas bumi membutuhkan investasi yang besar.

Daya dari gelombang air mengalir :
Hydrokinetic perangkat seperti kincir angin dibawah air. Mengalir air dari sungai-sungai, arus laut, pasang surut sungai dan saluran air buatan seperti kanal dapat menggerakan turbin untuk menghasilkan listrik. Hydrokinetic ini sumber daya yang terbarukan dan tidak melepaskan polusi udara atau gas rumah kaca,

Mobil Listrik :
Mobil yang menggunakan energi listrik empat kali lebih efisien dibandingkan dengan menggunakan Bahan Bakar Minyak (BBM), selain itu juga dua kali lebih efisien sebagai kendaraan hibrid. Dengan  menggunakan energi listrik kendaraan tidak akan menghasilkan gas buang yang menimbulkan polusi dan juga lebih murah.

Kendaraan Hidrogen :
Sel bahan bakar hidrogen bereaksi dengan oksigen untuk menghasilkan sebuah arus listrik untuk menggerakan mesin. Dengan menggunakan hidrogen ini lebih efisien dua kali lipat dibandingkan denngan menggunakan bahan bakar minyak (BBM) fosil dan emisi gas buang yang dihasilkan cuma air saja.

Energi Angin di Rumah :
Dibandingkan dengan energi angin di pertanian, sistem pembangkit tenaga listrik angin berskala kecil di rumah lebih baik karena hanya membutuhkan turbin yang relatif kecil. Sebuah pembangkit energi angin di rumah hanya berkapasitas sekitar  1 sampai 10 kilowatt (kw), dengan diameter 10-25 diameter kaki (3-8 meter), rotor dipasang dimenara 80 kaki,ini berdasarkan dari keterangan Asosiasi Energi Angin Amerika (AWEA). Ukuran turbin kecil hanya 400 watt dengan 46 inci , dapat membantu tenaga air pompa atau menjalankan lampu dan peralatan.

Konversi energi panas laut (OTEC/Ocean Thermal Energi Conversion):
OTEC bergantung pada fakta bahwa air dekat permukaan dipanaskan oleh sinar matahari, saat air laut jauh di kegelapan lebih dingin banyak. Instalasi  OTEC menggunakan air permukaan yang hangat untuk memanaskan amonia atau cairan lain yang mendidih pada suhu rendah. Gas yang dihasilkan digunakan untuk menggerakkan turbin yang menghasilkan listrik, gas tersebut kemudian didinginkan dengan air dingin dipompa dari kedalaman laut dan cairan yang dihasilkan daur ulang untuk membantu membangkitkan tenaga listrik.  Namun untuk mengembangkan energi ini juga diperlukan biaya yang tidak sedikit.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

silahkan tinggalkan pesan....