selamat datang di blog ini, tinggalkan pesan ya...! dan JANGAN KLIK iklannya... he..he...he......

Iklan

Rabu, 21 November 2012

Arang Aktif

       Arang aktif adalah arang yang diaktivasi dengan cara kimia atau fisika sehingga daya serapnya tinggi dengan kadar karbon yang bervariasi. Permukaan arang aktif relatif telah bebas dari deposit hidrokarbon dan mampu melakukan adsorpsi karena permukaannya lebih luas dan pori-porinya telah terbuka.(Baker, et al. 1997)
 

       Unsur karbon (C) pada arang aktif mampu menyerap anion, kation, dan molekul dalam bentuk senyawa organik maupun anorganik, baik sebagai larutan maupun sebagai gas. Hal ini dikarenakan atom karbon tersebut terikat secara kovalen dalam suatu kisi heksagonal yang mirip dengan grafit. Pelat-pelat ini terkumpul satu sama lain membentuk kristal dengan susunan tidak beraturan (amorf), dengan jarak antar pelatnya acak (Solovyov, et al 2002). 
         Perkembangan terakhir di jepang menunjukkan bahwa arang aktif dari kayu dapat menyerap uap formaldehida yang berasal dari formalin (Asano, et al. 1999). Atas dasar ini arang aktif yang dibuat dari serbuk kayu Acacia mangium akan digunakan sebagai bahan penangkap gas formaldehida yang diemisikan dari kayu lapis, sekaligus berfungsi sebagai bahan pengisi guna mengurangi pemakaian perekat murni dan mengatur kekentalan ramuan perekat.
 
Baker, F.S., Miller, C.E., Repik, A.J and E.D Tollens. 1997. Activated carbon. Encyclopedia of separation technology. John Wiley and Sons, New York.
Solovyov, L.A., A.N. Shmakov., V.I. Zaikovski., S.H. Joo, and R. Ryoo. 2002. Detailed structure of the hexagonally packed mesostructured carbon material CMK-3. Carbon 40 : 2477-2481. Elsevier, UK.
Asano, N., J. Nishimura., K. Nishimiya., T. Hata., Y. Imamura., S. Ishihara, and B. Tomita. 1999. Formaldehyde reduction in indoor environment by wood charcoals. Wood Reasearch No 86. p: 7-8. Tokyo, Japan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan tinggalkan pesan....